Samn0body's Blog

Good bye, Momo

Posted on: March 12, 2010

Kemalangan sepertinya tidak bosan-bosannya denganku. Kucing kesayanganku, dan satu-satunya, Momo meninggal kemarin.

Dia menghembuskan nafas terakhirnya di hadapan Mamaku. Aku masih belum pulang kerja ketika itu. Mama mengabari berita itu lewat telepon dan aku tidak ingin pulang. Kalau aku pulang, aku terpaksa menemukan tubuhnya yang telah terbujur kaku di ruang keluarga.

Mama sengaja meletakkannya di sana. Supaya aku bisa menguburkannya di halaman belakang rumah. Setelah setengah jam berputar-putar tak tentu arah, akhirnya aku memutuskan untuk pulang juga. Sesampainya di rumah, aku meletakkan tas kerjaku dan berjalan menuju ruang keluarga. Mama sudah di kamar, tidur siang.

Kulihat mama telah membungkus tubuh Momo dengan pakaian bekas yang tidak terpakai dan meletakkannya di dalam sebuah kotak. Aku membuka balutan kain itu di bagian kepala dan mengelus-ngelus kepalanya untuk yang terakhir kalinya. “Good bye, Momo. See you again in another life.” Tidak ada kelebayan. Bahkan tidak ada setitik air matapun. Aku sudah melepas kepergiannya dalam perjalanan pulang tadi.

Setelah itu, kubawa dia ke halaman belakang dan mulai mengali kuburnya. Di belakang rumah, ada sebuah pohon jambu. Kukuburkan Momo di dekatnya, karena semasa hidupnya, Momo suka bermain di sana.

Di atas kuburnya kusiram dengan susu hangat kesukaannya. Mawar putih mama kupetik satu batang dan kutaruh di atas kuburnya. Sebuah senyum tipis mengambang di bibirku. “You were a good cat, and I love you. See you again, Momo.”

Tags: ,

Leave a Reply

Top Rated

March 2010
M T W T F S S
« Feb   Apr »
1234567
891011121314
15161718192021
22232425262728
293031  
