Samn0body's Blog

Reuni BBF

Posted on: January 30, 2010

Dua minggu lagi, reuni akbar akan diadakan, dan yang hadir ada lima orang. Kecil memang jumlahnya, namun mereka adalah genk pertamaku. Teman-teman pertamaku.

Fanny, temanku sejak kelas 2 SD hingga lulus SMA hingga sekarang. Dia adalah teman baik pertamaku. Dia mengerti aku dan menerimaku apa adanya. Sungguh ajaib sebenarnya kami dapat berteman sebaik ini karena kami berdua sungguh sangat berbeda. Dia anak bungsu, aku bisa dibilang kakak bagi adik-adikku (aku anak kedua). Dia lebih suka berkhayal di kelas, aku sering masuk dalam 3 besar. Dia ingin menikah muda, aku sibuk menimba ilmu dan meniti karir.

Terakhir kali aku bertemu dengan Fanny adalah ketika aku ke Jakarta untuk pesta pernikahan abangku. Sebelum naik pesawat untuk kembali pulang, aku mampir sebentar ke rumahnya dan mengunjungi anak keduanya yang baru saja lahir. Dia sudah seperti saudara perempuanku sendiri. Dia bahkan memberikanku kehormatan untuk menamai anak perempuannya. Sahabat baikku.

Yang kedua adalah Yacob. Aku bahkan heran mengapa aku bisa berteman dengannya. Dia adalah salah satu murid berdarah campur (papanya Batak, mamanya Chinese) di sekolahku. Kulitnya yang sawo matang membuatku sungkan mendekatinya ketika SD. Aku baru dekat dengannya waktu kami SMP. Sejak itulah aku mengetahui bahwa di balik tubuhnya yang ceking, dia sungguh sangat ceria dan ‘gila’. Bahwa di balik punggungnya yang rapuh, dia menanggung derita perceraian orangtuanya. Bahwa di balik matanya yang hitam pekat, dia memiliki semangat hidup untuk menolong sesama.

Yacob ada di baris depan tim sukarelawan pertama yang tiba di Aceh setelah tsunami memporak-porandakan kota itu. Hingga sekarang, dia masih ada di sana untuk melanjutkan misi sosialnya.

Yang ketiga adalah Zhang. Aku baru mengenalnya sejak masuk SMP. Dia dulu hanya seorang siswi berkulit paling putih dan berfisik lemah. Dia hanya berteman dengan murid perempuan (Yacob adalah pengecualian, karena Yacob juga hanya berteman dengan murid perempuan). Dan dia tidak suka ditunjuk. Tubuhnya akan otomatis menghindar atau tangannya akan menepis jari telunjuk sang penunjuk.

Sayangnya ketika kelas 3, dia dipindahkan oleh orangtuanya ke Singapura untuk bersekolah. Sejak itu kami hanya berkomunikasi lewat surat dan email. Dan itupun hanya beberapa kali setahun. Mungkin karena Zhanglah kami menjaga pertemanan kami supaya kami dapat menepati janji kami padanya. Best Friends Forever. Dan ide reuni ini juga adalah milik Zhang.

Kini setelah dia dan aku tinggal di satu kota yang sama lagi, kami tidak dekat. Sama seperti dulu ketika kami masih di bangku sekolah. Namun aku adalah orang pertama dan satu-satunya dari genk kami yang dia berikan kepercayaan untuk menanggung rahasianya.

Yang keempat adalah Nenny. Aku juga baru berteman dengan Nenny ketika aku masuk SMP. Dia adalah siswi transfer dari daerah. Namanya yang aneh langsung membuatku menghafal namanya. Di antara semua teman-teman yang lain, aku paling tidak mengenal dia.

Maksudku, aku tau dia anak sulung, adiknya ada 6, salah satunya autis. Dia suka makan tomat dan KFC. Cinta pertamanya adalah guru SDnya dan ciuman pertamanya adalah dengan kakak angkatannya. Namun selain itu, aku tidak mengenalnya. Dia terkesan tertutup. Bukan hanya padaku, namun juga pada yang lain. Rahasia terbesar yang pernah diungkapkan kepadaku dan teman-teman yang lain adalah ketika dia mengabarkan tanggal pernikahannya dan bahwa dia sudah hamil duluan.

Ketika aku kembali ke kampung halamanku dan bekerja di sini, hubungan kami tidak semakin mendekat. Aku hanya bertemu dengannya sesekali. Terakhir kali aku menemaninya mengantar anak perempuannya mengikuti kontes mewarnai di Gramedia. Keponakan perempuan pertamaku.

Oh, ya. Dari teman-teman dekatku ini, aku telah memiliki tiga keponakan. Dua perempuan, satu laki-laki. Sayangnya, menuruti peraturan reuni yang kami buat ketika kami duduk di bangku SMP, anak-anak ataupun suami tidak diperbolehkan hadir.

I can’t wait. Reuni akbar ini, reuni bersama Best Friends Foreverku.

Tags: ,

Leave a Reply

Top Rated

January 2010
M T W T F S S
« Dec   Feb »
 123
45678910
11121314151617
18192021222324
25262728293031
