Samn0body's Blog

Konflik

Posted on: January 30, 2010

Konflik di tempat kerja sudah lumrah hukumnya. Dari konflik antara sesama rekan kerja hingga antara pegawai dan bos.

Kemarin siang, di sebuah rapat staff, aku menyaksikan rekan-rekan kerjaku menyerang kebijakan Kepala Sekolah kami. Hal yang mereka diskusikan tidak pantas aku ungkapkan di sini. Intinya adalah, kedua belah pihak memiliki pendapat dan sudut pandang mereka. Dan mereka bertentangan satu sama lain.

Aku bukan orang yang suka ikut-ikutan dalam sebuah permasalahan. Apalagi bila aku tidak terlibat ataupun merasa dirugikan. Aku biasanya lebih bersikap netral, walaupun dalam hatiku mendukung satu pihak.

Lagipula, aku lebih suka damai. Bila sebuah masalah bisa dicarikan solusinya, mengapa harus mencari-cari kesalahan yang lain dan saling menyerang? Permasalahan yang sederhana bisa menjadi serumit benang kusut. Dan lagi, aku tidak provokatif dan bukan kandidat yang baik untuk diajak berdemo di jalan-jalan sambil membawa seruan-seruan.

Kadang bahkan, aku lebih suka mendiamkan sebuah permasalahan hingga permasalahan itu lenyap dengan sendirinya.

Namun ini bukan berarti bahwa aku tidak suka pada tipe-tipe orang yang vokal (‘bersuara’ bukan ‘bertindak anarkis’). Aku menemukan sesuatu yang menarik dari tipe orang-orang ini. Mereka cenderung ‘hidup’ dan ceria. Beberapa malah sangat kritis dan cerdas.

Aku suka berdialog dengan mereka dan mendapatkan pengetahuan-pengetahuan baru tanpa harus membacanya dari buku setebal kamus ensiklopedia (bukannya aku tidak suka membaca atau apa, namun aku hanya membaca yang kusuka).

Aku bahkan pernah berpacaran dengan seseorang hanya karena aku suka dengan kevokalannya dan ideologinya. Namun sayangnya, hubungan itu tidak bertahan lama. Dia lebih cinta ideologi dan alur hidupnya yang santai dan aku lebih cinta kestabilan dan ‘kerapian dan sabun mandi’. J

Anyway, mengenai konflik di tempat kerjaku ini, seperti biasa, aku netral. (Namun hatiku memihak ke rekan-rekan kerjaku)

Tags:

Leave a Reply

Top Rated

January 2010
M T W T F S S
« Dec   Feb »
 123
45678910
11121314151617
18192021222324
25262728293031
