Samn0body's Blog

Hitam dan Putih

Posted on: December 16, 2009

“Madam Sammy, teng nang kan?*” tanya seorang anak didikku ke temannya. Wajahku yang kurang oriental kadang membuat banyak orang berfikir bahwa aku tidak memiliki darah keturunan sama sekali. Apalagi ketika aku masih kecil, karena kulit gosongku yang terbakar matahari dan rambutku yang memerah karenanya juga, aku sama sekali tidak mirip dengan saudara-saudaraku yang putih dan sipit.

Namun ketika aku mulai bersekolah, aku lebih sering berada di kamarku, sibuk belajar. Setelah tidak naik kelas pada tahun pertama di sekolah dasar, Mama benar-benar memonitor belajarku. Pengasuhku yang terlalu memanjakanku diberhentikan dan aku harus pergi les setiap pulang sekolah. Hasilnya bukan saja aku selalu langganan juara kelas, aku juga menjadi semakin mirip saudara-saudaraku. Berkulit putih pucat dan selalu tampil rapi dan wangi, dan ditambah dengan aksesoris kacamata dan perhiasan emas.

Di kota kelahiranku, komunitasnya selalu dibagi menjadi dua kelompok. Orang pribumi dan keturunan Cina. Keduanya hidup bersamaan namun selalu ada jurang pemisah di antara mereka. Lihat saja daerah perumahan kami. Lihat saja sekolah-sekolah kami. Lihat saja mal-mal kami. Tanpa kami berikan tanda, komunitas kami telah diberikan dua label. Hitam dan putih. Keluargaku tentu saja berlabel putih.

Aku menganggap diriku termasuk dalam kelompok baru berwarna abu-abu. Setelah menempa pendidikan yang lumayan, dan setelah memiliki pengalaman yang cukup banyak di luar kota kelahiranku, aku menganggap diriku tidak lagi berpikiran sempit seperti dulu. Walau masih kadang-kadang kebiasaan burukku muncul tanpa kusadari, aku masih bisa mengontrolnya.

But I can’t help but wondering, why am I working in this school whose students are mostly rich Chinese children, not in a public school whose students are mostly Indonesian?

*Madam Sammy, orang Cina kan?

Tags:

Leave a Reply

Top Rated

December 2009
M T W T F S S
« Nov   Jan »
 123456
78910111213
14151617181920
21222324252627
28293031  
