Samn0body's Blog

Renata

Posted on: December 9, 2009

Rasanya sudah bertahun-tahun aku tidak berbincang dengannya. Sejak masa transisiku dari Jakarta ke kota kelahiranku, aku absen dari meneleponnya dan dia juga begitu. Aku sibuk dengan pekerjaanku dan teman-teman baruku dan Windy, dan dia dengan pekerjaan dan tantangan-tantangan barunya.

Bisa dibilang hubungan pertemananku dengan Renata hampir sama dekatnya dengan Gabby. Aku dekat dengan Gabby sejak SMA karena dia yang mendekatiku terlebih dahulu dan menawarkan persabahabatan kental. Hal yang sama juga terjadi dengan Renata ketika kami baru saja duduk di bangku kuliah. Dia yang terlebih dulu mendekatiku ketika kami berdua sama-sama sekelas di kelas Reading I.

Lewat aku, Gabby dan Renata berkenalan dan kami kemudian berteman lebih erat lagi ketika kami membuka satu usaha bersama sambil menyelesaikan skripsi. Walau usaha kami harus gulung tikar, persahabatan kami tetap langgeng hingga kini. Walau dipisah oleh jarak, kami masih tetap berteman seperti dulu.

Renata (R): Sammy! Kenapa teleponnya malam banget? Tadi padahal gue udah telepon loe, tapi loe ga angkat.

Aku (A): Sorry, tadi hapeku disilent. Malam? Baru juga jam 8.

R: Iya, tapi kan jam tidur gue jam 7, say.

A: Halah. Sejak kapan?

R: Sejak gue butuh beauty sleep untuk menghilangkan lingkaran hitam di bawah mata gue.

A: (tertawa kecil) Bagaimana hidup?

R: Not again!

A: What?

R: Loe dan Gabby, selalu saja menanyakan pertanyaan yang sama.

A: Gabby? Kapan emang dia telepon kamu?

R: Kemarin.

A: (Sial, rutukku. Sejak terakhir aku membaca note Gabby, aku sama sekali tidak menghubunginya. Aku memberikan waktu untuk diriku sendiri untuk sembuh dari luka yang ditoreh Gabby) Oh.

R: Perlu gue jawab ga tuh pertanyaan?

A: Terserah.

R: Nggak usah aja ya. Btw, sebenar lagi si Needy ultah tuh. Mau nitip beliin dia kado ga? Gabby juga minta dibeliin soalnya. Jadi, sekalian aja.

A: Ok, boleh. Thanks. Nanti sms-in aku nomor rekening kamu dan harga kadonya ya.

R: Ok.

A: Gimana kabar Gabby?

R: Loh kok nanya ke gue? Ga salah? Ada masalah kalian berdua?

A: Nggak. Cuma ga sempat hubungin dia aja. Sepertinya dia sibuk banget.

R: Iya sih, harusnya. Ini kan akhir tahun. Proyek dia harusnya selesai akhir tahun kan.

A: Iya. Sudah lah. Ngobrolin soal yang lain aja, Ta. Denger-denger kamu uda beli rumah nih? Selamat ya.

R: Sial. Pasti kamu tau dari postingan Needy di facebook.

A: (tertawa) Memang kenapa? Emangnya ini rahasia?

R: Nggak sih. Cuma berlebihan aja. Lagian gue jadi diingatin lagi kalo tiap bulan gue harus bayar cicilannya dari paycheck gue. It sucks!

A: (ngakak, sampai keluar air mata) Setidaknya paycheck-mu menuju sesuatu yang nyata. Daripada aku. Ga tau ke mana semua uangku.

R: You need to buy something.

A: Yeah. I think I will buy a car. Nyicil sama Mama aja. (tertawa)

R: Loe sih enak. Kalo gue, sama bank. Mama loe ga bakalan nagih kalo tiba-tiba loe absen dari cicilan bulanan.

A: (tersenyum getir) Yeah, but I will never learn to be responsible, like you.

R: Do I sense jealousy? OMG! You’ve got to be kidding me. Trust me, beib, there is nothing you want from MY life.

A: Neighbor’s grass is always greener.

R: (tertawa)

Renata. Wanita pertama yang membuatku benar-benar merasa bahwa wanita dapat mendapatkan apapun dengan usahanya sendiri. Dia juga teman pertama yang memiliki pandangan tentang agama yang sama denganku. Tuhan hanya satu. Agama hanya membuat orang-orang fanatik. Jadi, buat apa beragama bila tidak bisa menghormati kepercayaan orang lain?

Walaupun demikian, kami berdua tetap dianggap beragama Budha di mata Negara, agama yang sebenarnya tidak ber-Tuhan, karena Budha adalah manusia yang mencapai kesempurnaan.

Tags: ,

Leave a Reply

Top Rated

December 2009
M T W T F S S
« Nov   Jan »
 123456
78910111213
14151617181920
21222324252627
28293031  
