Samn0body's Blog

Needy

Posted on: December 8, 2009

Aku dulu punya seorang teman kos. Ketika aku kuliah, aku tinggal di sebuah kos khusus wanita di dekat kampusku. Gabby juga tinggal di sana. Di sana kami memiliki seorang teman kos yang juga kakak angkatan kami. Panggil saja namanya Needy.

Needy satu tahun lebih tua dan dia tipe anak mami, sangat melankolis dan cengeng. Cenderung mellow all the time.

Needy memiliki seorang pacar yang sangat pria. Yang kumaksudkan adalah tipe pria pada umumnya. Cuek dan tidak sensitif. Tipe pribadi mereka yang sangat bertolak belakang sering membuat penyakit lemah mentalnya kumat. Pada tengah malam ketika dia merasa stress karena sikap pacarnya, Needy akan berjalan sendiri tengah malam. Di daerah tempat kami tinggal ketika itu, seorang wanita berjalan sendiri di tengah malam sungguh bukan sesuatu yang kau lakukan, tidak bila kau tidak ingin diculik atau ditodong, atau tindakan kriminal apapun.

Sejak dulu aku tidak terlalu suka bersahabat dekat dengannya karena aku berprinsip: satu, jangan sampai pernah membuat pria besar kepala dengan memperlihatkan seolah kita tidak dapat hidup tanpa mereka. Dua, sifat needy itu sama dengan lemah dan aku tidak suka itu. Tiga, lebih enak dicintai daripada mencintai terlebih dahulu.

Tujuh tahun lebih setelah kami lulus, kami pernah beberapa kali bertemu. Dan setiap kali, sepertinya dia selalu berhasil menjerat pria bertipe yang sama. Tipe pria yang membuatnya menderita. Kadang kupikir Needy itu tipe masokis. Kau tau, orang yang mencari kenikmatan dari rasa sakit.

Namun sekarang, aku tidak berbeda jauh darinya. Aku menyiksa diriku sendiri dengan cinta yang kumiliki ini. Cinta yang sepertinya tidak bermasa depan dan berbahaya bagi hati dan mentalku.

Oh iya, aku dan Windy akhirnya lunch bersama. Berdua saja. Dia menjemputku dan kami pergi makan nasi padang. Pilihanku. Kami minum teh botol. Pilihannya. Kami duduk berhadap-hadapan. Pilihanku. Kami menggunakan sendok dan garpu. Pilihannya.

Kami di sana cuma setengah jam paling lama. Pekerjaannya tidak memperbolehkannya keluar lebih dari satu jam. Kami membicarakan mengapa aku tidak masuk kerja, apa bosku tidak mempermasalahkan keabsenanku, tempat kerjanya, teman kerjanya yang kasar dan tidak disukainya, bosnya yang suka marah-marah bila bertengkar dengan istrinya, keluarganya, pekerjaan papanya, saudara-saudaranya, di mana mereka, mengapa mereka pindah, pernikahan abangku, apa dia mau datang.

Waktu berlalu begitu cepat. Kami tertawa dan ceria kembali. Dia mengantarku pulang kemudian dan meninggalkanku lebih jatuh cinta dari sebelumnya.

Ketika aku tiba di rumah, dan bersenandung riang, tanpa kusadari mamaku mengamatiku.

“Pergi sama siapa tadi? Kok cepat?” tanya mamaku. Aku terkejut. Seharusnya mama sudah tertidur pulas sekarang.

“Sama teman, Ma. Mama belum tidur?” tanyaku balik. Setelah meletakkan tasku di sofa di ruang keluarga, aku berjalan ke arah dapur untuk mengambil sebotol minuman mineral dari kulkas. Sebenarnya aku hanya ingin menghindari tatapan menyelidik mama.

“Tante kamu ngajakin pergi belanja untuk keperluan pernikahan abang kamu,” jelas mama. Tanpa memandangpun aku tau tatapan mama masih mengikutiku.

“Kenapa ga bilang, kan aku bisa antar Mama,” kataku santai sambil mendudukkan pantatku di sofa di samping Mama. Kunyalakan TV dan memberikan target pandangan lain untuk mama.

“Teman baru?” tanya mama.

“Bukan, teman lama.” Aku tidak mengalihkan pandanganku dari TV. Kulorotkan tubuhku hingga aku setengah berbaring setengah duduk di sofa. Berusaha untuk merasa senyaman mungkin untuk menutupi kegugupanku.

“Mama kenal?” selidik mama.

“Mmm,,, mungkin nggak, Ma.” Sebelum mama sempat bertanya lebih lanjut, hapenya sudah berbunyi. Dari tante. Jemputan sudah menunggu di depan rumah.

Fuih, save by the bell.

Advertisements
Tags: ,

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Top Rated

December 2009
M T W T F S S
« Nov   Jan »
 123456
78910111213
14151617181920
21222324252627
28293031  
%d bloggers like this: