Samn0body's Blog

Penjelasan

Posted on: November 23, 2009

 

 

 

 

 

Sepulangnya aku dari tempat karaoke, aku menelepon Gabby, seperti janjiku.

Gabby (G) : Sam, gimana tadi?

Aku (A) : Aku nggak ngerti.

G: Maksudnya? Kok ga ngerti?

A: Aku sakit hati, kemudian dia merangkulku dan aku bingung. Apa yang dia inginkan, Gab?

G: Ceritakan lagi dari awal. Terakhir yang aku tau dia mencomblangkanmu ke wanita lain, dan kemudian dia punya pacar, kemudian wanita yang dicomblangkan dia ke kamu malah bermanja-manja ke dia. Sekarang apa?

A: Aku tidak yakin dia pacaran sama pria itu.

G: Kenapa kamu bilang begitu?

A: Soalnya dia tidak duduk bareng dia dan setelah aku memutuskan telepon kita tadi, dia duduk di sampingku dan merangkulku dan menyenderkan kepalanya di bahuku di depan semua teman.

G: (diam)

A: Gab?

G: Ya, Sam?

A: What did she want? What did she want from me? I am soooo confused! (sobbing)

G: Sam… (diam) I think you need to stop. This is wrong, honey. You know this is wrong.

A: Gab, I don’t want to think about that now. (menyeka airmataku dan menguatkan diri)

G: Yes, but in the end, you need to think about this, regardless what she wanted from you. Can you really make your mother sad by this feeling you have?

A: Gab, please. Right now I just want to be with her.

G: What about her mother, her family? Yours? Come on, Sam. You have no future. Stop now before this goes too far. You will be more hurt than this. Mungkin ini adalah tanda bahwa kamu harus berhenti sekarang sebelum semuanya terlambat.

 

Kepalaku langsung pusing. Aku yang mengharapkan penghiburan dari Gabby malah dihadapkan pada satu kepahitan lain.

 

A: Gab, aku ingin telepon dia sekarang dan kasitau dia perasaaan aku ke dia.

G: (diam) Do you think you can accept the risks?

A: I don’t know, but I want it all out. I want to tell her I love her.

G: Sam, do what you want. But, please, please. Think about the consequences.

A: (menarik nafas panjang) I am calling her now. Tunggu, Gab. Ada sms masuk. Kamu kirim sms ke aku?

G: Tidak. Coba buka

A: Dari dia, Gab. (membaca sms) dia ajak aku keluar besok. Ke gereja dan kemudian nonton.

G: (diam)

A: Apa maksud ini? (berfikir, apa dia mencintaiku, ingin bersamaku, merasa bersalah padaku)

G: Dia mungkin cuma sekedar ingin menepati janjinya. Kamu dulu bilang sms-an sama dia soal ke gereja, ingat?

A: (kecewa) iya. (diam)

G: (diam)

A: Aku harus balas apa?

G: Sam, are you sure you want this?

A: Gab, I want to call her. I still don’t know whether or not I will tell her what I feel, but I want to call her now.

G: Do what you want to do.

A: I’ll call you back.

 

Aku mematikan panggilanku dan mendial nomor Windy. Pada deringan kedua dia menyaut.

Windy (W): Halo, Sam.

Aku (A): Halo, Wind. Sudah sampai lama?

W: Iya, sudah mandi malah.

A: Tadi akhirnya sapa yang antar kamu pulang?

W: Sendiri. Susan sudah kamu antar sampai rumah?

A: Iya. Kamu bukannya diikuti Bobby dari belakang?

W: Iya, tapi cuma gitu aja.

A: Selain dia, ga ada yang ngikutin kamu dari belakang kan? Ga ada penculik atau om-om yang keganjenan kan?

W: (tertawa) Ga lah. Dasar.

A: Siapa tau. (berhenti) Jadi, kamu mau ajak aku ke gereja? Beneran? Ga takut nanti pendeta kamu marah sama kamu?

W: Kenapa memang?

A: Nanti aura gerejanya berbeda kalo aku masuk.

W: (tertawa) Serius dong. Mau pergi?

A: Hmmm…..

W: Ayolah, sudah mau kiamat loh.

A: (tertawa) jangan bilang gara-gara film 2012 itu.

W: (tertawa) kita kan ga tau kapan dunia kiamat. Bisa jadi tahun segitu, bisa jadi besok.

A: Wah, besok aku masuk gereja lagi. Bakalan ada gempa ga ya?

W: (tertawa) Ga mungkin. Jadi, ikut kan?

A: Ok deh. Ketemu di sana aja langsung? Jam berapa?

W: Jam 10. Tapi datang sebelum jam nya ya.

A: Iya.

W: Bagus, anak baik.

A: (tersenyum) Win,

W: Yah?

A: Bole nanya? (deg-deg-an)

W: Apa?

A: Bobby itu siapa?

W: Bobby? Bobby itu temannya Ivan (Ivan adalah teman satu SD dan SMP kami). Waktu kami keluar bareng ke pantai, dia juga ikut. Sejak itu, dia teman kami juga. Jadinya kalau kami keluar, dia juga ada.

A: Ow.

W: Gitu.

A: Bukan pacar kamu? Soalnya Susan bilang dia pacar kamu.

W: APA? Ga kok! Serius.

A: Benar?

W: Benar. Lagian, uda ga jamannya pacaran.

A: Maksudnya?

W: Aku sudah ga pakai acara pacaran lagi. Kalau sudah cocok, mending langsung nikah.

A: APA? Ga salah? Kok gitu?

W: Soalnya percuma juga pacaran. Pacaran terlalu lama, buntut-buntutnya juga putus. Aku uda pernah yang seperti itu. Ga mau lagi.

A: (sakit. Siapa mantan kamu? Penasaran. Perempuan atau laki-laki?) Mantan kamu? Memang sudah berapa lama pacarannya? Apa yang terjadi?

W: 5 tahunan. Biasalah. Ga cocok.

A: Siapa yang putusin siapa?

W: Sudah sering putus sambung, yang terakhir keputusan bersama. Lagian dia sekarang ada di Jakarta.

A: Putus baik-baik?

W: Iya, makanya masih kontek-kontekan. Kamu gimana?

A: Aku? Biasalah.

W: Ayo cerita. Banyak ya mantan kamu?

A: (tertawa) Mana ada.

W: Teman kuliah? Teman kerja?

A: Mereka cuma gitu-gitu aja.

W: Apa maksudnya ‘gitu-gitu’ aja?

A: You know, cuma hubungan yang datang dan berlalu begitu saja.

W: Kenapa?

A: Karena tidak bisa menemukan cara untuk mencintai mereka.

W: Belum jodoh berarti.

A: (Mungkin, tapi sebenarnya alasan utamanya adalah karena mereka bukan kamu) Iya.

W: Sam?

A: Iya?

W: Kamu tidur sama siapa?

A: Maksudnya?

W: Kamu tidur sendiri atau sama siapa?

A: (Maunya sama kamu) Sendiri.

W: Adik kamu?

A: Tidur di kamarnya dong, di bawah.

W: Ow, sangkain.

 

Kami berbicara panjang lebar hingga malam telah berganti pagi. Kalau bukan karena pulsa telepon kami habis dan memikirkan besok kami harus bangun pagi untuk ke gereja, kami mungkin masih tetap melanjutkan pembicaraan kecil kami.

 

Ketika aku mematikan telepon, aku berada di titik yang berbeda ketika aku pulang. Tadi aku sedih dan bingung. Sekarang aku bahagia, namun tetap bingung. Apa artinya aku bagi dia?

 

God, bless me tomorrow, so that I can see that will happen next. So that I know when to keep hoping and when to stop.

Leave a Reply

Top Rated

November 2009
M T W T F S S
    Dec »
 1
2345678
9101112131415
16171819202122
23242526272829
30  
