Samn0body's Blog

Bagai Bumi dan Langit

Posted on: November 16, 2009

langit dan bumi

Sejak kecil aku telah terbiasa mendengar peribahasa itu keluar dari semua orang yang dekat dengan keluargaku. Peribahasa itu pasti diucapkan untuk mendeskripsikan aku dan adik perempuanku, Velin.

 

Tidak seperti aku yang terkesan biasa-biasa saja, adikku membawa aura tertentu dalam keluarga kami dan lingkungan sekitar kami. Lihat saja dari penampilan kami, aku yang cenderung tampil casual dan comfy dan Velin yang pinky n sparkling. Sifat kami juga sangat mencolok, aku lebih suka mendengarkan dan mengamati, sedang Velin berceloteh dan tertawa renyah.

 

Aku lebih mirip the girl next door sementara Velin lebih seperti Cameron Diaz meet Boa, artis asal Korea. Aku lebih suka menjadi seorang penulis buku, atau penerjemah, atau pengajar, sedangkan Velin lebih suka menjadi model, atau penyanyi, atau sales rep.

 

Sejak kecil kami berdua tidak pernah saling iri ataupun mempermasalahkan hal ini karena kami berdua merasa nyaman dengan identitas diri kami masing-masing. Kami memang pernah bertengkar dan bermusuhan ketika kami kecil, namun penyebabnya tidak pernah karena hal di atas.

 

Karena usia kami yang terpaut lima tahun, aku lebih sering berperan sebagai kakak perempuan yang melindungi adik perempuannya. Sedangkan dia, lebih sering berperan sebagai anak bungsu yang dapat bermanja-manja dan berlindung di balik semua orang di dalam keluarga, terutama aku, mama dan abang kami.

 

Sekarang, dengan kondisi tinggal aku dan Velin yang hanya tinggal di rumah bersama orangtua kami, kami lebih mirip teman kos yang kompak. Dia membelaku ketika orangtuaku memojokkanku, dan aku membela dia ketika hal yang sama terjadi padanya.

 

Namun demikian, aku dan dia tidak bisa benar-benar dibilang sahabat baik karena ada sebuah jurang yang tidak dapat kami jembatani. Aku tidak tau apa itu.

 

“Ce, novelmu ketinggalan di bawah nih,” adikku Velin masuk ke kamarku dan menyerahkan novel favorit yang selama sebulan ini menemaniku ke mana saja. Aku tidak ingat lagi berapa kali aku mengulang cerita di dalam novel itu. Novel itu berisi tentang cerita cinta tiga orang lesbian. Aku suka novel itu karena salah satu karakter itu memiliki kisah percintaan yang hampir sama denganku.

 

“Thanks,” kataku sambil mengambil novel itu dari tangannya, namun novel itu tetap dipegang oleh adikku erat. Aku memandangi adikku dan mata kami bertemu. Sedetik kemudian dia melepaskan genggamannya dan aku meletakkan novel itu di meja kecil di samping tempat tidurku.

 

Aku masih berada di ranjang dengan posisi setengah berbaring setengah duduk. Aku ketika itu sedang asyik mengisi blogku sambil mendengarkan lantunan musik Jazz.

 

“Aku tadi baca sinopsisnya,” kata Velin mengantung.

“Tertarik mau baca?” tanyaku, namun otakku dan jantungku langsung bekerja sangat cepat. Apa adikku ini telah menyadarinya?

“Mungkin,” katanya sambil duduk di tepi ranjangku dan mengambil posisi yang enak.

Aku menutup laptopku dan membiarkannya dalam kondisi stand by.

“Isinya kayanya menarik. Ce, tadi aku baca status ce. Lagi jatuh cinta nih? Siapa nih yang bikin kakakku ini kesemsem?” katanya menyelidik.

“Ada deh,” jawabku sambil mengedipkan satu mataku. Kutarik bedcover untuk menyelimuti badanku. Di luar hujan turun perlahan.

“Ih, kok gitu. Pelit!”

Aku hanya nyengir-nyengir tidak jelas. “Ce ada beli dvd baru tuh. Filmnya si Megan Fox. Mau nonton ga?” kataku sambil berusaha untuk mengalihkan pembicaraan.

“Yang benar? Mau dong. Mauuu!”

“Buka aja di sini,” saranku. Pancinganku tepat sasaran. Untuk sementara aku dapat menghindari topik pembicaraan ini. Secepat kilat adikku itu mencari dvd yang kumaksud dan memasukkannya ke dvd playerku. Serentak alunan lagu Jazzku berhenti diganti dengan suara pembukaan film.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Top Rated

November 2009
M T W T F S S
    Dec »
 1
2345678
9101112131415
16171819202122
23242526272829
30  
%d bloggers like this: